menu

Sunday, December 30, 2012

Museum Jendral Soedirman


BMS - Museum Jendsoed Karanglewas, siapa yang tidak tahu museum satu-satunya di kabupaten banyumas yang terbesar. terletak di pintu masuk purwokerto dari barat. berlokasi di Karanglewas Museum ini diapit oleh 2 sungai, yaitu kali logawa dan kali apa. terlihat gagah sekali bangunan museum ini dari arah utara jalan, dengan arsitek yang apik di padukan dengan taman yang indah dan asri sehingga wajar kalau banyak pemuda-pemudi berwisata ke Museum Jenderal Soedirman.
Sarana Transportasi & Tiket MasukUntuk menuju Taman Rekreasi Museum Jenderal Soedirman tidaklah sulit, karena terletak di dekat jalan raya propinsi juga infrastruktur jalan yang cukup baik. dari arah pusat kota purwokerto bisa menggunakan angkot, dan bagi yang menggunakan mobil pribadi atau kendaraan sepeda motor justru lebih mudah karena tinggal menuju ke arah berat arah ajibarang. terletak setelah pasar karanglewas kurang lebih 500 meter. secara umum obyek wisata sejarah dan pendidikan ini bisa di lalui menggunakan BIS, Bis mikro, Angkot, Koperades, Andong bahkan tukang ojeg. seteleh memasuki wilayah Museum maka akan di suguhi dengan pemandangan yang hijau dan nyaman. museum jensoed buka mulai hari Senin s.d. hari Sabtu. pengunjung bukan hanya dari daerah banyumas, melainkan dari banyak daerah di pulau jawa yang ingin mempelajarai sejarahnya Jendral Soedirman. untuk tiket tergolong murah dan terjangkau oleh masyarakat yaitu Rp 3.000,- dengan fasilitas taman yang nyaman, dan ilmu sejarah yang tak ternilai harganya. bagi rombongan bisa mendapatkan potongan/diskon.

Di Jadikan ajang MESUM
Museum Jenderal soedirman yang merupakan museum kebanggaan masyarakat banyumas ini di jadikan Taman Rekreasi dan Hiburan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyumas. berbagai event bisa di laksanakan di lapangan depan museum. dan museum ini juga di jadikan obyek mesum. hemm... tu yang berpikiran jorok, maksudnya ini mesum di canangkan menjadi MESUM yaitu Media EdukaSi dan hibUran Masyarat. sudah banyak kegiatan yang telah di lakukan Dinas dengan berbagai pihak dalam rangka edukasi masyarakat yaitu dengan pembelajaran sejarah dan berbagai event kegiatan outbond oleh berbagai sekolah baik di wilayah banyumas dan luar daerah.
Media Hiburan juga banyak event telah di adakan di museum jensoed tercinta ini, diantaranya ada festival band, Lomba Kicau mania yang rutin tiap bulannya, Pasar malam yang menjadi primadona masyarakat sekitar karanglewas serta kegiatan hiburan lain yang sangat banyak.
Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman
Ketika anda memasuki Museum maka anda akan di suguhkan dengan rekam jejak sejarah Jenderal kebanggan purwokerto-purbalingga dan sekitarnya. mulai pintu masuk utama akan di suguhkan dengan Tandu yang di pakai oleh Jenderal Soedirman selama memimpin perang gerilya. foto perjalanan hidupnya di mulai dengan bangunan tempat kelahirannya, bergerak menuju remaja sampai dewasa sebagian terekam dalam jepretan photo. berjejer secara berurutan sehingga pengunjung akan mudah untuk mengetahui perjalanan perjuangan beliau. tak ketinggalan pesan2 dan nasehat beliau juga tertulis dengan besar di pigura. ditengah museum terdapat patung  setengah tubuh Jenderal Soedirman.
Setelah mengelilingi foto perjalanan hidup kang mas dirman, pengunjung bisa melihat pemandangan yang luar biasa di lantai 2. di desain dengan unik, terlihat banyak ukiran dan pahatan yang terbentuk menjadi relief yang memeperindah sekitarnya. dengan Gagah dan sangat besar patung jenderal soedirman yang sedang menaiki kuda kebangganya. terlihat cukup tinggi dan dibawahnya di kelilingi dengan relief cerita perjuangan rakyat indonesia.
Napak Tilas Jenderal Soedirman
Kegiatan tahunan napak tilas juga di adakan untuk mengenang dan mempelajari nilai2 sejarah Jenderal soedirman. petugas museum Bapak budi menceritakan kegiatan napak tilas ini dilakukan oleh pecinta sejarah dan dari perguruan tinggi UNSOED juga berperan dalam napak tilas. sekelompok pecinta  sejarah dari berbagai elemen dan aktifits di universitas jenderal soedirman melakukan napak tilas perjalanan jenderal soedirman.
Pesan dari Bung Karno yaitu Jas Merah, Jangan sekali-kali melupakan sejarah. karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. mari kita bersama-sama lestarikan dan jaga peninggalan-peninggalan sejarah. masih banyak di daerah banyumas yang meniliki wisata sejarah. dan nantinya akan dibahas dalam artikel berikutnya. tetap semangat menghadapi hidup dan ciptakan sejarah yang baik bagi dirimu. salam banyumasan....

0 comments:

Post a Comment