menu

Sunday, February 24, 2019

Pengelasan Gas Metal Arc Welding (GMAW)


GMAW  (Gas Metal Arc Welding) merupakan proses penyambunganduabuahlogamataulebih yang sejenisdenganmenggunakanbahantambah yang berupakawatgulungandan gas pelindungmelalui proses pencairan. Gas pelindungdalam proses pengelasaniniberfungsisebagaipelindungdari proses oksidasi, yaitupengaruhudaraluar yang dapatmempengaruhikualitaslas. Gas yang digunakandalam proses pengelasaninidapatmenggunakan gas argon, helium, argon+heliumdsb. Penggunaan gas jugadapatmempengaruhikualitas la itusendiri.
Proses pengelasan GMAW merupakanpengelasandengan proses pencairanlogam. Proses pencairanlogaminiterbentukkarenaadanyabusurlas yang terbentukdiantarakawatlasdenganbendakerja. Ketikakawatlasdidekatkandenganbendakerjamakaterjadilahbusurlas( menghasilkanpanas) yang mampumencairkankedualogamtersebut (kawatlas + bendakerja), sehinggaakanmencairbersamaandanakanmembentuksuatusambungan yang tetap. Dalam proses ini gas pelindung yang berupa gas akanmelindungilasdariudaraluarhinggaterbentuksuatusambungan yang tetap.
Proses pengelasan GMAW menggunakanarussearah (DC) denganposisielektrodapadakutubpositif, haliniseringdisebutsebagaipolaritasterbalik. Polaritassearahjarangdigunakandalam proses pengelasandikarenakandalam proses ini transfer logamtidakterjadisecarasempurna.

GMAW atau MIG/MAG welding process tergantungdaribeberapa parameter lassebagaiberikut :
·       Voltage
·       Wire feed speed
·       Welding speed
·       Type of shielding gas
LAS GMAW yang kitamilikiada 2 yaitulasmigdengannamamesin Migmatic 221 dengannomormesin 228802denganelektrodaberbentukkawat. Pada MIG digunakan gas pelindungberupa gas Inertseperti Argon (Ar) dan Helium (He), danmesinlas TIG denganjeniselektrodaBackum. MAG digunakan gas-gas sepertiAr + CO2, Ar + O2 atau CO2 .Las di bengkelfabikasilasMigdanTig  menggunakansumberarus DC(direct current) dengan reverse polarity untukmenaikkanpenetrasilasan. Metodeinijugadigunakanuntukmengelaslogam yang reaktifterhadapoksigen. GMAW digunakanuntukmengelasbagian yang tebal, karena slag yang terjadiketikapengelasanmultipasstidakakanterjadi.

·       Mesinlas
·       Elektroda
·       Welding gun/torch
·       Tabung gas pelindung
·       Regulator
·       Gas mixture

Elektrodamerupakangulungankawat yang berbentukrol yang geraknyadiaturolehpasanganrodagigi yang digerakkanoleh motor listrik.Gerakandapatdiatursesuaidengankeperluan.Tangkailasdilengkapidengannosellogamuntukmenghubungkan gas pelindung yang dialirkandaribotol gas melalui slang gas. Gas yang dipakaiadalah CO2 untukpengelasanbajalunakdanbaja.Argon ataucampuran argon dan helium untukpengelasanaluminiumdanbajatahan karat.
a.      Argon adalah gas mulia (inert gas)
Hampirseluruhpengelasan  menggunakan shielding gas iniMechanicalnyabaik, penstabil arc, productivity jugalebihbesar Gas Argon padaumumnyauntuk material non Ferrous sepertiAluminium; Nickel alloys; Copper alloys; dan Stainless Steel Untuk material Ferrous biasanyamenggunakancampuranataugabunganbeberapa gas seperti Argon dgn helium; Argon dgn CO2 Argon dgn Oxygen denganprosentasetertentu.
b.      Gas CO2
Gas CO2 merupakan gas aktip (active gas),Gas CO2 sajatidakdapatdigunakanuntukpengelasandengan Spray transfer. Spray transfer menggunakan Mix gasGas CO2 hanyadigunakanpadapengelasan Globular transfer dan Short Arc transfer.
c.       Helium
Helium adalah gas Inert, padaumumnyadigunakansebagai shielding untukpengelasan yang membutuhkantembusan yang lebihdalamdankecepatantinggi Thermal conductivity gas helium lebihtinggi di bandingkandengan Argon, sehingga di butuhkan  pengelasandengan voltage yglebihlebihbesar. Gas helium di sarankanhanyauntukpengelasan material Aluminiumutkketebalan yang lebihbesar.

Berikutadalahpenamaandalamelektroda GMAW
ER XXS – X
  • ER – Electrode or welding rod
  • XX – Tensile strenght x 1000 psi
  • S – Solid wire
  • X –  Chemical composition

AWS Class
Carbon
Manganese
Silicon
ER 70S-2ER 70S-3
ER 70S-4
ER 70S-5
ER 70S-6
ER 70S-7
0,070,06-0,15
0,07-0,15
0,07-0,19
0,07-0,15
0,07-0,15
0,90-1,400,90-1,40
1,00-1,50
0,90-1,40
1,40-1,85
1,50-2,00
0,40-0,700,45-0,70
0,65-0,85
0,30-0,60
0,80-1,15
0,50-0,80

5. KelebihandanKekurangan
  • Sanganefisiendan proses pengerjaan yang cepat
  • Dapatdigunakanuntuksemuaposisipengelasan
  • Tidakmenghasilkanflaggataukerak
  • Membutuhkankemampuan operator yang baik
  • Sewaktuwaktudapatterjadiburnback
  • Cacatlasporositiseringterjadi
  • Buser yang tidaksetabil
  • Padaawalannya set-up yang sulit

0 comments:

Post a Comment